Ternyata Bukan Asli Indonesia? Ini 3 Fakta Menarik Buah Mangga


msmbindonesia.com Siapa yang tidak mengenal mangga? Buah musiman yang segar ini bisa dikonsumsi langsung atau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Kandungan vitamin dan serat dari buah mangga juga menambah manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, ternyata buah mangga memiliki beberapa fakta yang menarik loh.

Tak Hanya Satu, Ada Banyak Jenis Mangga

Mangga (Mangifera indica) merupakan salah satu buah tropis yang selalu ada di Indonesia. Buah ini tak pernah absen ada di toko buah, pasar maupun supermarket.

Ada berbagai macam jenis mangga yang ada di Indonesia. Dari 1500 varietas yang ada di dunia, terdapat 10 jenis mangga yang populer di Indonesia. Jenis-jenis mangga tersebut adalah mangga harum manis, mangga manalagi, mangga gedong, mangga gedong gincu, mangga golek, mangga Indramayu, mangga kweni, mangga irwin, dan mangga rakyat.

[Baca juga: Trik Meningkatkan Produktivitas Bawang Menggunakan RiTx Bertani Ala Petani Malang]

Mangga Dianggap sebagai Buah Asli Indonesia

Banyak masyarakat menganggap bahwa mangga adalah buah asli Indonesia. Nyatanya, mangga bukan berasal dari Indonesia. Meskipun begitu, mangga sangat cocok tumbuh di daerah dataran rendah tropis yang memiliki suhu udara yang cukup tinggi.

Penyebaran mangga di Indonesia terbilang hampir merata. Seluruh daerah di Indonesia memiliki nama lokal tersendiri untuk buah mangga. Mangga sering disebut juga pao (Madura dan Sulawesi Selatan), pelem (Jawa Tengah dan Jawa timur), mamplam (Aceh), maga (Nias), ampelm (Bali), kawiley (Minahasa), ampelam (Banjarmasin), manilya, pager dan piberekari (Papua)

Mangga Ternyata Berasal dari India

Tahun 327 SM, Alexander Agung menemukan tanaman mangga di lembah Indus, India. Hal ini mendasari anggapan bahwa mangga berasal dari India dan menyebar ke Semenanjung Malaysia, Indonesia dan sekitarnya. Penyebaran ini terjadi karena mangga dibawa oleh pedagang India dan penyebar agama Hindu dan Budha pada abad ke 4 SM.

[Baca juga:Ingin Ekspor Buah? Coba Awetkan Pisang dengan Pelapis Nano-Chitosan]

Anggapan ini diperkuat dengan adanya penemuan oleh ahli botani, Rumphius. Ia menemukan tanaman mangga ditanam di Kepulauan Asia baru berkisar beberapa abad. Sedangkan di India bagian timur yang berbatasan dengan Birma, mangga sudah ditanam selama enam ribu tahun yang lalu. Artinya, tanaman mangga sudah ditanam sejak adanya peradaban India. Dongeng rakyat di India juga sering menyebutkan bahwa mangga merupakan penjelmaan dari Dewa Prajapati.

Tak hanya menyebar ke wilayah Asia, mangga juga menyebar ke seluruh penjuru dunia. Penyebaran mangga di negara barat terjadi pada pertengahan abad ke-18 di Italia, Mexico,  Lisabon dan Brasil oleh bangsa Portugis. Kemudian sekitar abad ke-19 mangga diperkenalkan ke Afrika Timur, Somalia, dan Kepulauan Canari.

 

Pasar Komoditas Pertanian Indonesia

 Get it on Google Play