Never stop innovating, itulah RiTx Bertani. Kini RiTx Bertani kembali berinovasi dengan menciptakan  Jinawi.


Jinawi adalah sebuah sistem cerdas untuk pemupukan yang berimbang (Smart Fertilizing Recommendation System). Penggunaan Jinawi memerlukan sensor pengukur unsur hara Nitrogen, Phosphorus, Kalium, dan pH tanah (NPK dan pH) yang terhubung dengan aplikasi RiTx Bertani. 

 

Di Aplikasi RiTx Bertani, fitur Jinawi akan memberikan informasi mengenai kondisi lahan. Seperti fitur-fitur smart farming lainnya di aplikasi RiTx Bertani, Jinawi juga bisa memberikan rekomendasi pemupukan yang sesuai dengan kebutuhan lahan.

 

Selama ini, proses pemupukan dan pemberian pestisida ataupun booster untuk tanaman cenderung seragam. Padahal, kondisi tanah dan lingkungan di tiap lokasi bisa jadi berbeda. Hal ini menyebabkan adanya kemungkinan kurangnya nutrisi, ketahanan tanaman, merebaknya penyakit tanaman, hingga penggunaan pupuk yang tidak efisien.

Inilah yang membuat Jinawi sangat dibutuhkan oleh petani. Dengan penggunaan pupuk dan proses budidaya yang tepat, kemungkinan gagal dalam bertani akan berkurang dan produktivitas meningkat.


(Devina Fleta P)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JINAWI | Sistem Rekomendasi Pemupukan Pintar | MSMB Indonesia | Smart Farming 4.0

Tonton videonya di YouTube MSMB Indonesia
JINAWI
Agronomist MSMB gunakan jinawi

Dapatkan Produk JINAWI

Gunakan Smart Farming JINAWI untuk pertanian yang lebih presisi

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa

Jl. Seturan Raya Kav. Madukismo, Catur Tunggal, Depok, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Sleman, Yogyakarta 55281 Indonesia

Tentang Kami