MSMB Hadir di Rakornas dan Diskusi Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia 2019

MSMB Hadi di Rakornas dan Diskusi Nasional HKTI 2019 di Istana Negara

msmbindonesia.com –MSMB  hadir di Rapat Koordinasi Nasional dan Diskusi Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Selasa (19/3) di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko, dikutip dari Warta Ekonomi, menyebutkan bahwa salah satu isu yang dibahas dalam Rakornas kali ini adalah tantangan dan peluang besar pertanian di era perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat. Menghadapi era revolusi industri 4.0, para petani dan dunia pertanian harus mampu menghadapi perkembangan zaman.

“Ada lima teknologi utama yang menopang implementasi industri 4.0, yaitu internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), human-machine interface, teknologi robotic dan sensor, serta teknologi 3D printing. Semua itu akan mendorong kegiatan pertanian berlangsung sangat efisien dan efektif sehingga mampu meningkatkan produktivitas secara signifikan dan berdaya saing,” kata Moeldoko.

Rakornas diwarnai dengan serangkaian acara antara lain pembukaan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Pengarahan Ketum HKTI, Pembekalan Menteri Pertanian, Presentasi Sekjen HKTI, dan Penyampaian Sistem Informasi Pertanian (SIP) HKTI.

Rakornas tahun ini sendiri, mengambil tema HKTI sebagai Bridging Institution Menjadi Solusi dalam Memakmurkan Petani. Sebagai bridging institution, tujuan utamanya untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pertanian Indonesia.

Permasalah di sektor pertanian Indonesia di antaranya, kepemilikan lahan petani yang rata-rata hanya 0,2 hektare dan kondisi tanah yang sudah rusak, aspek permodalan, lemahnya manajemen petani, penguasaan teknologi dan inovasi teknologi serta pascapanen.

Mitra Sejahtera Membangun Bangsa, sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pertanian dan agribisnis, hadir memberikan solusi di berbagai persoalan pertanian tersebut. Memanfaatkan teknologi berbasis Internet of Things (IOT) dan menciptakan ekosistem agribisnis dari hulu hingga hilir, MSMB memastikan petani sejahtera.

Baru saja merayakan ulang tahun pertama-nya Februari lalu, MSMB sudah menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders mulai dari Kementerian, Pemerintah Daerah hingga pihak perbankan dan asuransi, memastikan kegiatan petani mitra dari hulu hingga hilir berjalan dengan baik.

Sumber: [1]