MSMB Menggebrak Pameran Inovasi PDIP untuk Menyejahterakan Petani Indonesia


 

Jakarta, Senin (13/1/2020) – PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) hadir dalam pameran inovasi di JIExpo Kemayoran dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-47, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan 10-12 Januari 2020 lalu. Bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional I 2020, pameran ini mengusung tema “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional”. Harapannya, industri nasional mampu membawa Indonesia menuju negara yang berdikari.

Terdapat lima (5) industri prioritas yang disoroti dalam kegiatan ini. Di antaranya, industri pangan, sandang dan papan; industri bahan baku industri; industri energi; industri farmasi dan obat tradisional; serta industri pariwisata (termasuk di dalamnya industri kreatif, digital, UMKM dan manajemen Koperasi).

Melibatkan 186 perusahaan yang ada di Indonesia, MSMB hadir mengenalkan teknologi pertanian presisi yang membantu menyejahterakan petani dengan teknologi sensor tanah dan cuaca dan aplikasi RiTx Bertani.

 

Hadirkan Inovasi Pertanian yang Menguntungkan Petani

MSMB memperkenalkan sensor tanah dan cuaca yang diperagakan secara langsung. Menggunakan sensor ini di lahan, petani dapat memperoleh notifikasi dan rekomendasi langsung melalui aplikasi RiTx Bertani mengenai cara budidaya tanaman yang lebih presisi.

Pujiono menjelaskan penggunaan aplikasi RiTx Bertani kepada Amirudin Pohan

Teknologi yang dibawa oleh MSMB telah dirasakan manfaatnya oleh petani. “Setelah menerapkan rekomendasi dari RiTx Bertani panen bawang saya naik 50%, dari yang awalnya 8 Ton kini menjadi 12 Ton setiap musim panen”, ungkap Pujiono, petani bawang Malang yang telah mendapat predikat sebagai petani inspiratif dari MSMB.

“Kementrian Pertanian yakin, bahwa teknologi ini sangat diperlukan petani”, terang Amirudin Pohan, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Selatan, saat berdiskusi dengan Pujiono.

Pujiono juga ikut berperan serta dalam pameran ini. Ia menjelaskan kepada pengunjung yang datang mengenai peningkatan produktivitas panennya setelah menerapkan rekomendasi yang ia terima melalui RiTx Bertani berdasarkan data sensor tanah dan cuaca.

 

Antusiasme Inovasi Pertanian

Berlangsung selama tiga (3) hari, tidak hanya dari Kementrian Pertanian; Kementerian Perdagangan, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat, anggota DPRP, jajaran PDIP dan pengunjung lainnya juga sangat antusias dengan teknologi yang diperkenalkan oleh MSMB.