MSMB Hadirkan Teknologi Pertanian Presisi untuk Sukseskan Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0

Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0

 

Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0

Image 1 – Gerakan Menyongsong Pertanian 4 0 MSMB

Situbondo (13/11/2019) – Salah satu rangkaian program Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 digelar di Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur hari ini (13/11/2019). Program ini menyinergikan visi misi beberapa lembaga BUMN di kementerian, bank, pemerintah daerah, dan perusahaan swasta. Turut hadir dalam acara ini Dirjen Kementerian Desa, Kasubdit Kementerian Pertanian, Dir. Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PPN/ BAPPENAS, Bupati Situbondo, Kepala Dinas Pertanian, Kapolres, Komandan Distrik Militer (Dandim), Kepala OJK Jember, Head of Regional BNI, HOR WMA, Asian Development Bank, dan Chief Marketing Officer PT MSMB.

Teknologi Pertanian Presisi RiTx jadi Alat yang Vital bagi Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0

Sosialisasi pertanian presisi RiTx MSMB

Image 2 – Sosialisasi pertanian presisi RiTx MSMB

Dalam program Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 ini PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) berperan dalam menyediakan teknologi pertanian presisi 4.0 berupa Soil and Weather Sensor RiTx, Water Debit Sensor RiTx, Drone Surveillance, Drone Sprayer, aplikasi RiTx Bertani, dan kini sedang mempersiapkan e-commerce jual-beli sarana produksi pertanian serta jual-beli hasil panen. Petani akan mendapatkan fasilitas-fasilitas tersebut atas penyediaan oleh lembaga BUMN yang terlibat dalam Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0.

 

 

Rangkaian Kegiatan Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 Situbondo

gerakan menyongsong pertanian 4.0 MSMB

image 3 – lembaga yang terlibat gerakan menyongsong pertanian 4 0 MSMB

Kegiatan yang dilaksanakan dalam acara ini antara lain; Penyampaian kemudahan dan kemurahan pembiayaan bagi petani melalui KUR Tani BNI, Pemupukan bersama petani setempat , serta pelatihan pemanfaatan aplikasi RiTx Bertani sebagai pemantau alat sensor dan media pencatatan aktivitas harian produksi tani.

 

 

Petani dan Penyuluh Situbondo dukung Program Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0

Penyuluh petani msmb

Image 4 – Penyuluh dan petani gunakan RiTx Bertani

Para petani dan penyuluh memperlihatkan antusiasmenya pada program Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 ini. “Program Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 ini kan bertujuan untuk meningkatkan penghasilan atau income petani. Mudah-mudahan petani Situbondo bisa tambah maju, tambah kaya, dan sebagainya, amin.” Harap Gardjito, pensiunan penyuluh Situbondo. “Saya berharap agar informasi tentang cuaca dan rekomendasi pupuk dapat dinikmati desa di luar Besuki juga.” Tambah Didi, petani senior Situbondo. Harapan para petani dan penyuluh ini menunjukkan sinyal positif bagi ekspansi program ini ke berbagai wilayah di Indonesia. Selain di Situbondo, Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 telah dilaksanakan juga di Kabupaten Garut, Cianjur, dan Sukabumi di Jawa Barat, Kabupaten Malang, Banyuwangi, dan Ponorogo di Jawa Timur, serta Kabupaten Dairi di Sumatera Utara, dan Kabupaten Pasaman Barat di Sumatera Barat. Kedepannya, program ini telah direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Badung, Bali untuk komoditas asparagus, Kabupaten Lombok Timur, NTB untuk komoditas bawang putih, dan Kabupaten Brebes di Jawa Tengah untuk komoditas bawang merah pada penghujung tahun 2019.