Petani Bisa Semprotkan Pestisida dengan Drone, Dirjen Kemendesa RI Launching Smart Farming 4.0 di Situbondo


JATIMTIMES, SITUBONDO – Samsul Widodo, Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Republik Indonesia, melakukan uji coba sekaligus melaunching Smart Farming 4.0, Senin (24/09/2018).

Uji coba Agri Drone Sprayer dan Drone Surveillance yang berlangsung di Desa Battal, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur itu disaksikan Bupati Situbondo dan Wakil Bupati Situbondo serta kelompok tani. “Uji coba ini bekerjasama dengan PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB). Smart Farming 4.0, merupakan metode pertanian cerdas berbasis teknologi,” jelas Samsul Widodo.

Teknologi yang digunakan, sambung Samsul Widodo, yakni agre drone sprayer atau drone penyemprot pestisida dan pupuk cair, drone surveillance atau drone untuk pemetaan lahan, dan soil and weather sensor atau sensor tanah dan cuaca. “Teknologi karya anak bangsa ini dari Kabupaten Bantul ini, hasil produksi RiTx, unit bisnis PT MSMB,” terangnya.

Selengkapnya