Kemendes PDTT Andalkan Smart Farming 4.0 Untuk Bertani Lebih Tepat


Trubus.id — Berkembangnya teknologi pintar saat ini bisa dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan hasil pertanian. Bertepatan dengan Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September 2018 dan Pembukaan Expo 2 Abad Kabupaten Situbondo, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) melaunching Smart Farming 4.0 di Kabupaten Situbondo sekaligus penandatanganan MoU kerjasama antara Ditjen PDT dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) di Pendopo Bupati Situbondo.

Penandatanganan MoU tersebut terkait dengan kegiatan percontohan penyediaan sensor tanah dan cuaca berbasis internet di bidang pertanian yang terintegrasi dengan Drone Sprayer dan Drone Surveillance dalam rangka meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Situbondo.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen PDT dan Bupati Situbondo dengan para kelompok tani Desa Battal Kecamatan Panji melakukan diskusi tentang penggunaan teknologi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tani, serta pemasaran produk pertanian melalui e-commerce. Dengan penerapan smart farming ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Situbondo.

Selengkapnya