Jadi Pemasok Jagung Pipil untuk Industri Agri-food, Ini Cara MSMB Sejahterakan Petani


Salah satu masalah yang dihadapi petani Indonesia adalah persoalan pemasaran hasil tani. Kesulitan menjangkau sektor industri dan rendahnya posisi tawar terhadap tengkulak, menjadikan petani tetap tak sejahtera meski mampu hasilkan produk berkualitas. MSMB melalui unit bisnis RiTx yang bergerak di sektor pertanian, memastikan petani mitra tak mengalami kesulitan memasarkan produk hasil tani mereka.

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) merupakan perusahaan agribisnis 4.0 yang bergerak dari hulu ke hilir dalam sektor pertanian (RiTx), perikanan (FisTx), peternakan (LiTx) hingga pangan (FoodTx).

Saat ini, MSMB menjadi pemasok jagung pipil untuk industri agri-food, salah satunya untuk PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.  PT Japfa Comfeed merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang agri-food dan peternakan.

Menjalin kerjasama dengan perusahaan ini,  MSMB memastikan hasil produksi para petani mitra bisa mencapai sektor industri. Memotong rantai distribusi yang panjang, MSMB menjadi jembatan bagi petani untuk bisa memasarkan produk mereka.

Bersama dengan MSMB, para petani mitra mendapatkan bantuan pembiayaan, penyediaan keperluan sarana produksi, konsultasi dengan para ahli selama budidaya, hingga pemasaran produk hasil tani.