Ini Berbagai Masalah yang Dihadapi Petani, Bagaimana Cara Membantu Mereka?

bantu petani dengan investasi kemitraan msmb

msmsbindonesia.com Petani merupakan pelaku utama dalam mewujudkan ketahanan pangan. Melalui petani, kebutuhan pangan rumah tangga hingga bahan baku industri dapat terpenuhi dengan baik. Namun, petani juga dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang rumit. Tak jarang permasalahan ini justru menyebabkan kerugian yang besar bagi mereka.

Pemanfaatan Lahan Belum Optimal

Banyak petani belum mengerti potensi lahan yang dimiliki. Hal ini menyebabkan lahan yang digunakan kurang termanfaatkan dengan baik. Tak jarang petani juga tak dapat mengatasi permasalahan hama dan penyakit yang ada pada lahan mereka. Akibatnya, pengendalian yang salah justru membuat kondisi lahan semakin parah.

[Baca juga: Trik Meningkatkan Produktivitas Bawang Menggunakan RiTx Bertani Ala Petani Malang]

Persaingan dan Harga Produk yang Tidak Stabil

Bukan hanya masalah di lahan, petani juga dihadapkan dengan pasar yang kian ketat persaingannya. Tak jarang harga jual dari petani merosot sehingga menyebabkan kerugian yang besar. Belum lagi masa pandemi covid-19 yang belum usai ini membuat harga produk tidak stabil.

Selain itu, beberapa produk tani bersifat musiman. Artinya, produk hanya mencukupi kebutuhan pada waktu tertentu saja. Saat hasil panen melimpah, harga produk akan jatuh. Sebaliknya, saat pasokan terbatas justru akan terjadi lonjakan harga.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah penggudangan hasil panen. Namun, hal itu tentu memerlukan modal yang lebih guna perawatan pasca panen dan pemeliharaan gudang.

[Baca juga: Ini Alasan Kenapa Anda Harus Investasi di Sektor Pertanian]

Permodalan Terbatas

Permodalan sering menjadi masalah umum petani. Terlebih jika petani mengalami gagal panen karena kendala alam atau serangan hama dan penyakit. Belum lagi jika harga produk sedang anjlok. Hal ini membuat banyak petani tidak memiliki modal untuk melanjutkan usaha taninya.

Bergabung Menjadi Mitra MSMB

MSMB selalu berkomitmen untuk menyejahterakan petani. Mulai dari komitmen ini kami mengajak petani untuk berkerjasama sebagai mitra. Dengan bergabung sebagai mitra, petani dapat memperoleh banyak keuntungan. Salah satunya adalah modal usaha.

Melalui kemitraan yang membuka kesempatan bagi setiap orang untuk berinvestasi, kami membantu petani untuk mendapatkan akses permodalan. Tak hanya itu, menggunakan teknologi kami, petani bisa budidaya dengan lebih efisien.

Selain itu, petani juga dapat memperoleh pengetahuan lebih mengenai potensi yang dimiliki. Semua kegiatan petani dikontrol sampai menghasilkan panen yang maksimal. Dengan demikian, petani dapat meningkatkan produktivitas mereka.