Ini Alasan Kenapa Anda Harus Investasi di Sektor Pertanian


msmbindonesia.com Tertarik untuk mencoba berinvestasi? Coba investasikan modal Anda di sektor pertanian.. Terlebih saat ini, di masa pandemi Covid-19 saat banyak sektor terpuruk, pertanian menjadi salah satu sektor utama yang tetap dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia untuk bertahan. Berikut ini alasan kenapa Anda harus investasi di sektor pertanian.

Jangka Waktu Jelas dan Bisa Diatur

Produk pertanian bersifat fleksibel. Kapan dan berapa banyak keuntungan yang diperoleh investor dapat diperkirakan dengan jelas. Bahkan investor dapat memilih jenis produk pertanian sesuai dengan waktu panen yang diinginkan. Dengan demikian, panen dan penjualan produk pertanian dapat diukur secara berkala.

Pilihan Produk Investasi Lebih Banyak

Investasi pertanian memiliki banyak pilihan produk. Pilihan produk ini dapat disesuaikan dengan biaya yang akan diinvestasikan oleh calon investor. Di Indonesia secara umum, terdapat empat produk pertanian yang biasanya dijadikan lahan untuk berinvestasi, yaitu tanaman pangan (food crops), hortikultura, perkebunan, dan peternakan (livestock).

Mampu Menghasilkan Pendapatan yang Stabil

Investasi pertanian dapat memberikan pendapatan reguler bagi investor. Pendapatan ini dapat menjadi pengganti yang berguna bagi pendapatan “bebas risiko” yang hilang pada deposito tunai dan obligasi karena suku bunga rendah. Aset riil dalam investasi pertanian mampu menghasilkan pendapatan yang diandalkan di atas 5% setiap tahun.

Investasi Pertanian Memiliki Tingkat Keamanan Modal yang Tinggi

Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan bahwa modal dalam investasi pertanian lebih aman dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Sebab, produk pertanian cenderung lebih kuat dalam menghadapi faktor-faktor eksternal seperti gejolak pasar.

Investasi pertanian juga didukung oleh aset solid meskipun pasokan terbatas. Dengan demikian nilainya tidak mungkin turun. Terlebih lahan pertanian yang dikelola dengan baik, dapat menjadi sumber daya yang akan tetap produktif selamanya.

Tertarik dengan investasi pertanian? MSMB memiliki program kemitraan yang bisa memfasilitasi Anda untuk mencoba berinvestasi di sektor pertanian. Baca informasi seputar Kemitraan selengkapnya di sini