Ini 5 Komoditas yang Cocok Ditanam di Musim Kemarau


msmbindonesia.com Pandemi covid-19 belum usai. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri pada sektor pertanian. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim kemarau dan akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus 2020. Tentu hal ini menyulitkan budidaya tanaman di tengah ketersediaan air yang terbatas. Berikut komoditas yang bisa kamu tanam untuk menghadapi normal baru di masa pandemi covid-19 musim kemarau ini.

Mentimun

Meskipun buah mentimun berkadar air banyak, tapi tanaman ini justru tidak membutuhkan air yang banyak untuk budidayanya. Sebaliknya, mentimun membutuhkan kondisi lingkungan yang cenderung panas. Selain itu, tanaman mentimun juga memerlukan intensitas penyinaran matahari yang cukup banyak untuk dapat tumbuh subur dan berbuah banyak.

Tomat

Sama halnya dengan mentimun, tanaman tomat juga lebih baik ditanam di daerah beriklim kering. Artinya, tanaman tomat tidak membutuhkan air yang banyak. Tanaman tomat dapat menurun kualitasnya ketika di tanam di daerah yang bersuhu kurang dari 15°C.

Labu

Tanaman labu  akan lebih cepat tumbuh jika ditanam di tempat panas daripada di tempat dingin. Rasanya pun akan lebih manis jika dibandingkan dengan labu yang ditanam di daerah dingin. Oleh karena itu, tanaman labu cocok ditanam di musim kemarau.

Jagung

Tanaman jagung memiliki toleransi yang tinggi terhadap kekeringan. Bahkan, pemberian air yang terlalu banyak pada tanaman jagung justru menyebabkan hasil panennya berkurang. Terlebih pada tanaman jagung pakan. Air akan mempengaruhi kadar air dalam biji jagung sehingga sulit memenuhi kriteria pasar.

Kacang-Kacangan

Tanaman kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah dan kacang panjang memiliki batas toleransi tinggi terhadap kekeringan. Sebab, tanaman kacang-kacangan memiliki bintil akar yang mampu bersimbiosis dengan bakteri baik dalam tanah untuk selalu menyuplai nutrisi. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh dengan baik meskipun dalam kondisi kekurangan air.

Meskipun berbagai macam komoditas tersebut memiliki toleransi tinggi terhadap kekeringan, bukan berarti tidak butuh air lho! Anda juga tetap harus melakukan perawatan dan penyiraman bila perlu. Selamat berkebun.

 

Catat Kegiatan Bertani dan Gunakan Berbagai Fitur untuk Membantu Kegiatan Bertani Anda

Catat Kegiatan Bertani dan Gunakan Berbagai Fitur untuk Membantu Kegiatan Bertani Anda Catat Kegiatan Bertani dan Gunakan Berbagai Fitur untuk Membantu Kegiatan Bertani Anda

Get it on Google Play