FisTx Aquagram, Ketahui Kondisi Air Tambak Tingkatkan Produktivitas


Hampir 22% penduduk desa menggantungkan hidup dari hasil perikanan. Kebutuhan sumber daya perikanan nasional pun terus meningkat, terutama udang. Saat ini udang menjadi salah satu komoditas yang semakin banyak dibutuhkan nasional maupun internasional.

 

Namun, tingkat produktivitas udang terus menurun setiap tahun. Hal ini disebabkan oleh adanya penyebaran penyakit dan penanganan yang buruk terhadap limbah pada tambak.

 

Solusi Perikanan Terkini

FisTx hadir membawa solusi untuk berbagai permasalahan perikanan Anda. Terhubung dengan FisTx Aquagram Water Quality Checker, yakni teknologi pengukur kualitas air pada tambak, petambak bisa memantau kondisi tambak langsung dari aplikasi FisTx melalui ponsel mereka.

 

FisTx Aquagram merupakan teknologi pengukur kualitas air yang dapat mencatat kualitas air secara real-time. Petambak akan memperoleh informasi terkait durasi pemberian pakan, jarak waktu pemberian pakan, kadar oksigen, hingga suhu dan tingkat keasamaan air.

 

Apa Saja Keuntungan Menggunakan FisTx Aquagram?

FisTx Aquagram ini dapat bekerja secara kontinyu untuk empat petak tambak sekaligus. Hanya dengan satu ponsel, petambak dapat memonitoring beberapa kolam dengan membutuhkan waktu satu menit saja. Dengan demikian budidaya ikan maupun udang akan mencapai presisi, praktis dan efisien.

 

Dalam satu alat sensor, mampu mengukur berbagai indikator. Beberapa diantaranya adalah suhu air kolam, EC, nilai pH, DO (Dissolved Oxygen atau kadar oksigen terlarut) dan ORP (Oxidation Reduction Potential). Semua data ini akan muncul pada aplikasi FisTx dalam sekali klik.

 

Bagaimana Alat Ini Bekerja?

Instalasi Aquagram di tambak. Data yang diambil akuagram ditransmisikan melalui jaringan internet. Pengiriman data ini sudah difasilitasi dengan jaringan internet di dalam alat. Anda boleh pilih salah satu antara jaringan GSM atau Wifi. Data yang dikirimkan akan masuk ke cloud storage milik MSMB. Setelah dilakukan proses pengolahan oleh sistem, data akan ditampilkan di layar ponsel Anda melalui aplikasi FisTx.