Berkenalan dengan Tutik, Petani Pepaya California Andalan RiTx Market

testimoni petani mitra MSMB

msmbindonesia.com Siapa tak kenal dengan pepaya california? Pepaya jenis ini adalah varietas pepaya yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Pepaya california berbentuk lonjong, berbobot 0,8 hingga 1,5 kg/buah, berkulit hijau tebal dan mulus. Buah yang sudah matang biasanya berwarna orange kekuningan, rasanya manis, serta memiliki daging buah yang kenyal, tidak lembek dan tebal.

Sediakan Pepaya California Langsung dari Petani

Salah satu komitmen MSMB adalah menyejahterakan petani. Melalui RiTx Market, kami menyediakan buah pepaya langsung dari petani. Petani yang bekerjasama dengan kami adalah Tutik.

[Baca juga: Butuh Modal Bertani? Yuk Bergabung Jadi Mitra MSMB]

Tutik dan suaminya mulai mengembangkan tanaman buah pepaya california sejak tahun 2017. “Dulu suami saya sangat tertarik sama buah pepaya ini. Awalnya kami tidak memiliki pengalaman dan ilmu di bidang pertanian. Berbekal ilmu seadanya, suami saya berhasil menanam pohon pepaya yang menurut saya unik, pohonnya pendek dan rasanya sangat manis”

Mengubah Lahan Tandus Jadi Produktif

Awalnya, kebun pepaya milik Tutik adalah tanah tegalan yang tandus. Tanah tegalan seluas 9000 meter persegi ini kemudian disulap menjadi lahan produktif. “Kira-kira membutuhkan waktu 2 bulan untuk mengolah lahan ini menjadi produktif”, ujar Tutik.

[Baca juga: Ini Berbagai Masalah yang Dihadapi Petani, Bagaimana Cara Membantu Mereka?]

Pepaya Kualitas Premium

“Penjagaan kualitas adalah prioritas saya. Meskipun sudah bekerja sama dengan MSMB selama satu tahun, tak lantas kualitas yang saya berikan itu turun. Saya tetap menjaga kualitas pepaya, baik dari segi rasa maupun ukurannya”, ujar Tutik.

Tutik sama sekali tidak menggunakan bahan kimia dalam budidaya pepaya. Ia hanya menggunakan pupuk organik dan tanpa penggunaan pestisida. Pengendalian yang Ia lakukan adalah penyemprotan air langsung ke daun untuk mengatasi kutu dan pemasangan perangkap untuk hama serangga. Sementara itu, infeksi penyakit masih jarang ditemui.

Kerjasama dengan MSMB Tak Pernah Mengecewakan

Kerjasama MSMB dengan Tutik sudah berjalan selama satu tahun. Kesepakatan dalam kerjasama ini dibuat bersama diantara dua belah pihak. Dengan demikian, tidak ada pihak yang dirugikan. Pepaya California Tutik bisa Anda dapatkan di RiTx Market. Belanja mudah melalui RiTx Market melalui website atau aplikasi RiTx Market.

Pasar Komoditas Pertanian Indonesia

 Get it on Google Play