Agri Drone Sprayer Smart Farming 4.0 Menarik Perhatian di Starthub Connect 2018


Agri Drone Sprayer (Teknologi drone pertanian penyemprot pestisida dan pupuk cair) yang merupakan bagian dari teknologi pertanian cerdas Smart Farming 4.0, hadir di Starthub Connect 2018 hari ini (Kamis 13/9). Starhub Connect 2018 merupakan acara yang mempertemukan ratusan start up di Indonesia dengan para calon investor. Bertempat di ICE BSD City, Tangerang,  acara yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB ini jadi kesempatan berharga untuk memperkenalkan teknologi Smart Farming 4.0 kepada masyarakat luas.

Smart Farming 4.0 membawa solusi bagi berbagai permasalahan pertanian di Indonesia. Metode pertanian cerdas ini menggunakan Agri Drone Sprayer (Drone pertanian penyemprot pestisida dan pupuk cair) serta teknologi sensor tanah dan cuaca. Agri Drone Sprayer sendiri akan membantu kerja petani dalam memberantas hama dan penyakit dengan penggunaan pestisida yang presisi. Tak hanya itu, produksi pertanian dengan penggunaan pupuk yang terukur akan lebih menguntungkan petani.

Penggunaan teknologi dalam pertanian diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani. Proyek percontohan penerapan Smart Farming 4.0 sendiri pertama kali akan diterapkan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kerjasama antara PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini bisa menjadi kunci meningkatkan berbagai potensi daerah melalui sektor pertanian.

Ketahanan pangan nasional berada di tangan para petani. Masa depan pertanian Indonesia adalah pertanian cerdas berbasis teknologi. (VJ)